Thursday, May 3, 2018

Madu untuk mengobati batuk


Madu sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai bahan pengobatan alami yang cenderung tidak memiliki efek samping. Madu memiliki kandungan yang sangat komplek lebih dari 181 nutrisi dan zat antioksidan, serta bersifat antimikroba dan dipercaya memiliki anti karsiogenik. Hal itu yang menyebabkan madu cukup efektif untuk mengobati batuk dan radang tenggorokan. Disisi lain madu juga sangat efektif untuk mengurangi radang tenggorokan, meminum madu dapat melapisi tenggorokan sehingga mengurangi rasa sakit saat menelan makanan.

Madu sangat efektif mengurangi batu pada anak-anak, berikan 3 kali dalam sehari. Dapat diberikan langsung 1 sendok makan atau setengah sendok makan. Madu sebagai obat batuk dapat juga dicampurkan kedalam susu hangat atau teh hangat. Dapat juga mengkombinasikan madu dan jeruk nipis sebagai obat batuk. Madu yang diberikan keanak untuk mengobati batuk hampir tidak memiliki efeksamping. Berbeda dengan obat batuk yang prabrikan yang memiliki bermacam-macam efeksamping meskipun efeksamping itu belum tentu terjadi pada setiap anak. Menjadikan madu untuk mengobati batuk adalah pilihan tepat bagi anak-anak. Ada beberapa produk madu yang sudah dicampur dengan obat-obat herbal alami dan madu ini disebut dengan madu batuk. 

Madu untuk mengobati batuk - Untuk anak umur dibawah 1 tahun disarankan untuk tidak beri madu, karena ada beberapa kasus brontulisme pada anak dibawah 1 tahun. Namun kasus tersebut sangat sendikit terjadi dan untuk anak-anak diatas 1 tahun tidak pernak terjadi. Alasan lain untuk anak dibawah satu tahun belum boleh diberi madu karena takut tersedak. Berkonsultasi kepada dokter adalah pilihan yang sangat baik, sebelum memilih memberi madu kepada anak. Madu untuk mengobati batuk pada anak saya biasanya saya berikan bersamaan dengan obat yang diberikan oleh dokter. Sehingga anak tidak berkebaran minum obat dari dokter. Pada kasus anak batuk saya masih mengandalkan dokter sebagai media konsultasi tentang batu anak. Dan pada akhirnya kadang anak hanya saya beri madu untuk mengobati batuk. Pada kasus batuk yang disertai sesak napas obat yang diberikan dokter saya minumkan bersamaan dengan madu.

Madu untuk mengobati batuk seperti memberikan lapisan halus pada dinding-dinding tenggorokan dan kerongkongan yang iritasi. Dengan sifat madu yang antioksidan hal ini menjadikan madu sebagai obat batuk sangat efektif mencegah virus dan bakteri berkembang biak diarean iritasi. Ketika batuk sangat mengggangu tidur, langsung berikan madu kepada penderita maka seketika juga madu akan mengurasi rasa gatal yang sangat membantu. Sehingga tidurpun akan menjadi nyenyak kembali. 

Madu untuk mengobati batuk dapat dikombinasikan dengan jahe atau jeruk nipis. Dapat juga madu dikombinasikan dengan kayu manis. Beberapa bumbu dapur yang dapat digunakan untuk meringankan gejala batuk diantaranya mencampur lemon dengan madu ditambah bawang putih. Madu sebagai obat batuk dapat dicampurkan kedalam susu yang diberi kunir. Namun cara yang paling praktis untuk mengobati batuk adalah dengan madu murni saja atau membeli kemasan madu batuk yang sudah tersedia dipasaran.  

Madu batuk adalah ramuan herbal khusus yang terdiri dari beberapa bahan alami yang dicampurkan kedalam madu sebagai bahan utamanya.