Wednesday, May 2, 2018

Madu dapat mengobati sakit tenggorokan


Madu untuk mengobati sakit tenggorokan - Madu sudah dipercaya sejak lama sebagai obat, salah satunya adalah sakit ditenggorokan atau sering disebut dengan radang tenggorokan. Dengan meminum madu secara langsung dengan takaran 1 sendok makan diulang 3 kali dalam sehari. Dapat juga mencampur madu dengan teh hangat, sehingga menjadi teh madu dan tanpa tambahan gula. Sakit tenggorokan dapat juga disebuhkan dengan campuran madu dan jahe.

Sakit tenggorokan banyak dipicu oleh makanan yang mengandung minyak goreng. Dengan meminum madu sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh makanan berminyak dapat segera sembuh. Tentunya bagi yang memiliki tenggorokan yang sensitif madu sangat membantu meredakan nyeri yang sangat menggangu. Nyeri tenggorokan juga sering dipicu oleh makanan yang pedas. Namun penyebab tenggorkan sakit karena makanan yang berminyak dan pedas ini tidak berlaku bagi sebagian orang yang lain.

Beberapa Penyakit yang mengakibatkan radang tenggorokan

Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh virus Corynebacterium diphtheriae atau sering disebut dengan difteri. Gejala difteri antara lain demam, menggigil, terdapat bercak tebal abu-abu di amandel dan tenggorokan. muncul bengkak pada kelenjar leher, disertaai batuk dan rasa sangat tidak nyaman pada tenggorokan. Jika kita mengalami difteri segeralah untuk memeriksan diri ke dokter. Difteri menular pada orang sekitar dan untuk melakukan pencegahan saat ini sudah ada vaksin difteri. Vaksin pada anak-anak terdapat dalam vaksin kombinansi (measles-mumps-rubella/campak-gondongan-rubela. Madu dapat dijadikan tambahan saat meminum obat bisa dijadikan dalam bentuk campuran dengan teh. Selain itu madu juga dapat meringankan gejala nyeri pada tenggorokan dan meringankan batuk.


Radang amandel memiliki gejela yang hampir mirip dengan difteri namun infeksi tidak sampai kedapam tenggorokan dan biasanya tidak disertai batuk. Namun sangat menyakitkan untuk menelan. Radang amandel juga termasuk dalam penyakit yang menular. Fungsi dari amandel adalah untuk mencegah bakteri masuk kedalam perut. Amandel dapat terjadi pada semua usia dan dianjurkan untuk segera diobat agar tidak menumbulkan komplikasi serius. Dengan meminum madu kita dapat meringankan gejala-gejala yang disebabkan oleh amandel.

Yang kita sakit tenggorokan bisa diakibatkan oleh asam lambung yang naik sampai ketenggorokan. Cairan asam lambung sangat bersifat asam sehingga akan melukai kerongkongan yang mengakibatkan rasa terbakar pada area kerongkonan. Hal ini menyebabkan kita akan mengalami kesulitan menelan karena merasakan sakit pada saat menelan makanan. Naiknya asam lambung ini bisa diakibatkan oleh stress, obesitas, mengkonsumsi soda dan kelainan selaput diafragma lambung. Untuk menghindari naiknya asam lambung sampai kerongkongan salah satunya hindari minuman yang memicu asam lambung. Hindari tidur setelah makan karena setelah makan lambung kita mengeluarkan banyak asam lambung. Sehingga ketika kita tidur setelah makan akan menggangu proses pencernaan lambung yang dapat mengakibatkan naiknya asama sampai ke kerongkongan. Makan terlalu kenyang dapat juga mengakibatkan lambung terlalu penuh sehingga menjadikan selaput diagfrakma tergangu. Madu dapat mengobati sakit tenggorokan yang terjadi karena naiknya asam lambung. Madu yang dicampurkan kedalam jahe mampu mempercepat proses pemulihan pada kerongkongan. 

Tips pencegahan yang sering saya lakukan agar tidak terjadi sakit tenggorokan adalah dengan rutin meminum madu sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Saya juga segera minum madu ketika tenggorokan merasa tidak nyaman. Seduhan Jahe dan madu dapat mengurangi gejala-gejala sakit pada tenggorokan dan minum saat hangat. Untuk menghindari gejala lebih yang tidak diinginkan segera periksakan diri anda kedokter jika mengalami gejala-gejala sakit tenggorokan yang disertai demam.