Sunday, April 29, 2018

Madu

sumber gambar goodground.com
madudankurma.com
Madu adalah senyawa cair yang menyerupai sirup, namun madu lebih kental dan berasa manis alami, dihasilkan oleh lebah atau tawon dari nektar bunga. Apabila tawon madu mengambil nektar dari bunga kemudian dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan diproses bersama tawon yang lain. Bilamana nektar bunga  sudah halus maka akan ditempatkan pada dinding-dinding sel sarang tawon. Pada saat sel-sel yang terdapat pada sarang sudah penuh maka akan ditutup oleh tawon madu tersebut kemudian terjadilah fermentasi nektar yang akan melahirkan cairan ketal yang kita kenal dengan nama madu.

Madu memiliki rasa manis yang berasal dari unsur monosakarida fruktosa dan glukosa. Rasa manis yang terdapat pada madu hampir menyamai rasa manis pada gula yang diproses oleh manusia. Setiap madu memiliki rasa manis yang berbeda-beda. Rasa madu yang berbeda-beda tersebut disebabkan oleh bermacam-macam tawon dan tergantung dari jenis nektar bunga dari pohon atau buah tertentu. Sehingga nama madu sering diiringi dengan nama lebah atau tawon jenis tertentu kemudian diringi lagi dengan nama nektar bunga. Misal penamaan nama madu seperti, madu hutan tawon gong adalah madu yang di hasilkan oleh tawon gong yang bersarang di hutan. Karen madu hutan tawon gong disini mengambil dari berbagai macam nektar tumbuhan yang bermacam-macam di hutan maka nama tumbuhan tidak disematkan. Sehingga hanya disebut madu hutan tawon gong tanpa nama tumbuhan.

Madu memiliki ciri-ciri kimia yang sangat menarik. Madu memiliki rasa yang berbeda jika dibandingan dengan gula dan pemanis buatan. Didalam madu tidak dapat digunakan untuk berkembang biak mikroorganisme karena rendahnya kandungan air dan aktivitas air hanya 0.6 didalam madu. Karena microorganisme tidak dapat berkembang didalam madu hal ini menjadikan madu menjadi awet meskipun tanpa pengawet. 

Sejak zaman nabi penggunaan madu sudah dikenal bahkan tertulis dalam kitab suci. Sejarah panjang madu dalam kehidupan manusia telah digunakan untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu dan rasa madu sangat bergantung pada jenis nektar bunga seperti disebutkan diatas.